Monday 16 January 2017

Pembahasan server

Tags

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb

 Oke sobat Kali ini saya akan sedikit menjelaskan kepada sobat mengenai " Pengertian dan pemanfaatan server " untuk sobat yang ingin belajar server sebaiknya tahu dulu apa itu server? mari kita ulas.

Pengertian Server

Server (bahasa indonesia :Peladen) merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor bersifat scalable dan RAM yang besar dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi jaringan.
Didalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur server. Contoh dari layanan ini ada server PTH, server PTB server DNS dan lain sebagainnya.
Dilihat dari fungsinya, server bisa dikategorikan dalam beberapa jenis,sepertiserver aplikasi, serevr data maupun server proxy, server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menimpan bebagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client. Server Proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas jaringan melalui pengaturan proxy

Fungsi Dan Cara Kerja Server

Fungsi
1. bertangung jawab melayani permintaan computer client
2. Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data
3. Penyimpanan data, untuk di sharing bersama-sama
4. Menyediakan database yang digunakan bersama
Dll
Cara Kerjanya
Sebagai media penympanan atau memberikan service-service ke client

Hardware

Ciri Hardware yang digunakan untuk server yang berkualitas
1. Proceccor minimal core i 3
2. hardisk 1 TB
3. kartu NIC ( menghubungkan server ke jaringan )
4. RAM 8 GB

Layanan Server

A. Web Server
Server web merupakan perangkat lunak dalam server yang digunakan untuk menerimapermintaan berupa halaman web melalui protokol HTTP maupun HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser.
Web Server digunakan untuk mentranfer atau memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol tertentu, saat ingin mengakses sebuah halaman website, biasannya anda mengetik halaman tersebut di browser.
Contoh WEBSERVER yang sering digunakan:
  • Apache
  • Apache Tomcat
  • Nginx
  • Dll

Pemanfaatan Server

Server ini bisa dimanfaatkan kapan saja ? bisa di sekolah, bisadi kantor bahkan di rumah sendiri, server sebagai penyedia service untukclient

Target

Kenapa  ada server? karna ada yang meminta atau butuh, client membutuhkan server untuk berkomunikasi dengan user lainnya atau digunakan untuk individualnya , target server yaitu para client maupun perusahaan
Kurang Lebihnya mohon maaf

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen
http://www.kangerik.com/pengertian-fungsi-serta-cara-kerja-web-server/


EmoticonEmoticon